RSS
/* */

SMK Negeri 3 SINGARAJA

/* */

SEJARAH SMK N 3 SINGARAJA

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK Negeri 3 Singaraja) semula bernama STM (Sekolah Teknologi Menengah ) Nasional Singaraja. Sekolah ini berdiri pada tahun 1980 tepatnya pada tanggal 1 Juli 1980. Pendirian sekolah ini sepenuhnya didanai dari bantuan ABD (Asian Development Bank)  kepada pihak Indonesia untuk mendirikan 51 Sekolah Teknik Menengah di wilayah Indonesia, yang mana pada awal program bantuan ini didirikan 17 Sekolah Teknik Menengah (STM) yang tersebar diberbagai provinsi di Indonesia termasuk di Bali.

Pada awal berdirinya STM Nasional Singaraja masih berstatus sebagai sekolah swasta. Pada tanggal 10 Januari 1981 bertempat di hotel Singaraja, jalan Pahlawan Singaraja, STM Nasional Singaraja diresmikan menjadi sekolah negeri dan berganti nama menjadi STM Negeri Singaraja. Acara perubahan status STM Nasional Singaraja menjadi STM Negeri Singaraja tersebut dihadiri oleh Bapak Putu Legawa, B.A, yang pada saat itu menjabat sebagai Kepala Bidang PMK Bali, selain itu juga dihadiri oleh Bapak Wayan Catra yang merupakan Kepala STM Nasional Singaraja yang kemudian statusnya berubah menjadi STM Negeri Singaraja. Surat Keputusan pendirian SMK Negeri 3 Singaraja dikeluarkan oleh Kanwil Depdikbuk Provinsi Bali bernomor 54585/C/2/1981 tertanggal 1 Juli 1981. 

Pendirian bangunan STM Negeri Singaraja dilaksanakan dari tahun 1981 sampai 1984. pada saat itu STM Negeri Singaraja melakukan aktifitasnya dengan meminjam gedung di ST Negeri Singaraja di Jalan Surapati No. 112 Singaraja. Selama masa itu peralatan yang digunakan untuk menunjang proses pembelajaran masih sangat kurang. Setelah pembangunan gedung sekolah di jalan raya Gempol, selesai, seluruh aktifitas STM Negeri Singaraja dipindahkan ke gedung baru tersebut. Sejak saat itu peningkatan sarana prasarana terus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan proses pembelajaran dan sampai sekarang perlengkapan yang ada di sekolah ini sangat lengkap untuk menunjang proses pembelajaran tersebut.

Saat ini SMK Negeri 3 Singaraja dipimpin oleh Drs. I Nyoman Suastika selaku Kepala Sekolah terhitung sejak Tgl 26 Januari 2010 .

Pada tanggal 10 Oktober 2005, SMK Negeri 3 Singaraja telah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional dengan nomor akreditasi 40/BAS/LL/2005 dengan  nilai akreditasi A. Kemudian pada tanggal 11 Januari 2006, SMK Negeri 3 Singaraja memperoleh sertifikat penghargaan ISO 9000-2001 dengan nomor 01 100 059064 dari TUV Rheinland Group, dan sejak tanggal 23 juli 2007  SMK Negeri 3 Singaraja berstatus sebagai rintisan sekolah bertaraf internasional dengan penerapan sistem manajemen mutu.


Diambil dari: http://www.smkn3singaraja.sch.id/portal/?mod=menu&artikel=13

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar



Situs Penting:    www.google.com    www.yahoo.com    www.bing.com    www.wikipedia.org   
   Bisnis Online